Sejarah-sejarah Fifa Word Cup

Keberhasilan ini di Olimpiade memperkuat keinginan FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sendiri. Asosiasi anggota diminta dengan kuesioner jika dan dalam kondisi apa mereka akan dipersiapkan untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Komisi khusus menangani masalah ini. Presiden Jules Rimet adalah kekuatan pendorong di bidang pencarian medium untuk mewujudkan mimpi ini. Dia menerima bantuan dari sekretaris tak kenal lelah dari asosiasi sepakbola Prancis, Henri Delaunay.

Kongres FIFA 28 Mei 1928 memutuskan di Amsterdam pada proposal luar biasa oleh Komite Eksekutif untuk mengadakan Piala Dunia yang diselenggarakan oleh FIFA. Sekarang saatnya menentukan asosiasi pengorganisasian. Uruguay, Italia, Belanda, Spanyol, Swedia dan Hongaria semuanya mendaftar. Tapi sejak awal ada banyak hal untuk Uruguay. Juara Olimpiade dua kali (1924 dan 1928) merayakan tahun 1930 dengan upaya keras peringatan 100 tahun kemerdekaannya.

Asosiasi Sepak Bola juga sepakat untuk membayar semua biaya, seperti biaya perjalanan dan akomodasi para peserta sendiri. Setiap laba harus dibagikan, defisit akan mengambil alih Uruguay. Argumen ini adalah faktor penentu. Kongres FIFA Barcelona tahun 1929 menetapkan Uruguay sebagai tuan rumah pertama Piala Dunia. Kandidat lain dibebaskan.

Keputusan ini tidak hanya antusias. Di Eropa Anda berada di tengah krisis ekonomi. Partisipasi dalam Piala Dunia tidak hanya berarti perjalanan panjang untuk Eropa, klub harus menyerahkan pemain permanen terbaik mereka selama dua bulan. Semakin banyak asosiasi menarik janji partisipasi mereka dan dengan demikian membahayakan pelaksanaan Piala Dunia yang masih serius. Tepat sebelum gol besarnya, Presiden FIFA Jules Rimet tidak terkesan lagi. Berkat komitmen pribadinya, setidaknya empat tim nasional Eropa melakukan perjalanan besar: Prancis, Belgia, Yugoslavia, dan Rumania.

Pada 18 Juli 1930, Piala Dunia pertama dibuka di Stadion Centenario di Montevideo. Era baru telah dimulai untuk sepakbola dunia. Kejuaraan Dunia di Montevideo telah sukses luar biasa, baik dalam hal olahraga dan keuangan. Tentu saja, itu adalah kekecewaan penyelenggara bahwa hanya empat tim nasional Eropa yang berpartisipasi. Kemarahannya begitu hebat sehingga empat tahun kemudian Juara Dunia adalah tim pertama dan satu-satunya yang menolak untuk mempertahankan gelar.

Kongres Budapest 1930 menyatakan terima kasih kepada Uruguay untuk Piala Dunia pertama dalam kondisi yang sulit, tetapi menyesal bahwa hanya beberapa tim Eropa yang berpartisipasi.

1932 sekali lagi merupakan kemunduran untuk mengatasinya. Sebelum Olimpiade Los Angeles, Komite Olimpiade Internasional tidak dapat mengoreksi perbedaan pendapat mengenai status amatir para pesepakbola. Karena itu, FIFA memutuskan untuk tidak menyelenggarakan turnamen sepakbola Olimpiade.

Untuk edisi kedua Piala Dunia dipertandingkan pada tahun 1932 di Kongres Stockholm, Swedia dan Italia. Komite Eksekutif memilih untuk Italia. Sebelum 16 peserta ditentukan, harus dimainkan untuk pertandingan eliminasi pertama kalinya. Sejak awal mereka bermain dalam sistem Piala, dan tim nasional Brazil dan Argentina harus pulang setelah kekalahan pertama. Sekali lagi, tim tuan rumah menang: Taruhan Bola Italia menang di perpanjangan waktu, final melawan Cekoslowakia. Radio ada di final untuk pertama kalinya.

Empat tahun kemudian, keinginan “Bapak Piala Dunia”, Jules Rimet, terpenuhi: Piala Dunia ketiga terjadi di negara asalnya Prancis. Tetapi sekali lagi ada bayangan di turnamen: Austria telah menghilang dari tempat kejadian, karena itu Swedia tidak memiliki lawan di babak kedua. Uruguay masih tidak mau ikut campur dan Argentina dibatalkan. Dengan demikian, tim nasional dari Kuba dan Hindia Belanda muncul di Prancis. Kali ini tidak ada kemenangan kandang. Italia berhasil mempertahankan gelarnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*